5 Wisata Alam yang Wajib Anda Kunjungi saat Liburan ke Bandung

wisata alam bandung - gunung tangkuban perahu - indonesia traveller id

Bandung adalah kota yang memiliki banyak tempat wisata alam. Hal ini karena kontur daerah Bandung yang merupakan dataran tinggi, sehingga banyak tempat yang menyajikan pemandangan alam yang indah. Selain itu, suhu kota Bandung yang sejuk memberikan nilai lebih bagi kota ini sebagai tempat wisata alam.

Wisata alam di Bandung, terutama alam pegunungan, menjadi pilihan bagi warga Bandung maupun wistawan domestik dari kota lain. Objek wisata alam tersebar di daerah Bandung Utara dan Bandung Selatan. Berikut ini adalah beberapa referensi daerah wisata alam di Bandung yang bisa Anda kunjungi:

Gunung Tangkuban Perahu

Gunung ini memiliki 9 kawah yang masih aktif. Letusan terakhir pada tahun 1910-lah yang menyebabkan terjadinya banyak kawah di Gunung Tangkuban Perahu. Kawah-kawah tersebut adalah Kawah Ratu, Domas, Baru, Upas, Badak, Jurig, Jurian, Siluman, dan Pangguyungan Badak. Tujuan utama wisatawan saat mengunjungi Gunung Tangkuban Perahu adalah Kawah Ratu. Kawah Ratu adalah kawah terbesar, kemudan diikut oleh Kawah Upas. Selain kawah, tujuan wisata di Gunung Tangkuban Perahu adalah Gua dan Air Keramat Cikahuripan.

Wisata Alam Maribaya

Wisata alam Maribaya merupakan sumber mata air panas dan beberapa curug (air terjun). Tempat wisata ini terletak di kawasan timur Lembang dengan ketinggian sekitar 1000 meter di atas permukaan laut. Curug-curug yang ada di wisata alam Maribaya berasal dari sumber air dari Sungai Cigulung dan Cikawari.

Kawah Putih Gunung Patuha-Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey adalah wisata alam yang terkenal di Bandung. Kawah ini adalah kawah dari Gunung Patuha yang memiliki ketinggian 2.434 meter di atas permukaan laut. Keistimewaan Kawah Ciwidey adalah warna danau di kawah ini yang berubah-ubah tergantung cuaca. Bila cuaca hujan atau saat pagi hari, kawah akan berwarna putih, yang kelamaan akan berubah menjadi putih keabu-abuan. Pada saat matahari terbit, akan ada pantulan warna keemasan dari sisi lereng gunung di danau ini. Saat cuaca cerah warna danau akan tampak hijau kebiruan. Keindahan danau ini dilengkapi dengan pinggiran kawah yang berupa pasir putih, batuan khas, dan dihiasi tumbuhan cantigi. Dari sisi keamanan, tempat wisata ini cenderung aman, karena wisatawan bisa menikmati keindahan kawah dari jarak dekat.

Taman Hutan Raya Juanda atau Dago Pakar

Dago Pakar merupakan wisata alam yang terletak di antara kawasan Cicadas dan Lembang. Tempat ini dapat dicapai dengan jarak 7 kilometer melalui jalan Dago. Di tempat ini tumbuh barisan pohon pinus yang memberikan kesegaran hutan alami. Selain pinus, tanaman lain yang terdapat di taman ini adalah kaliandra, bambu, dan berbagai jenis tanaman lainnya. Di taman ini juga terdapat curug dan gua peninggalan sejarah pada masa penjajahan Jepang dan Belanda.

Perkebunan Teh Ranca Bali

Tak lengkap rasanya jika belum menyambangi perkebunan teh saat berkunjung ke Bandung. Salah satu perkebunan teh yang memberikan pemandangan yang indah adalah perkebunan Ranca Bali. Perkebunan ini tidak jauh lokasinya dari objek wisata Kawah Putih dan bumi perkemahan Ranca Upas. Di dekat perkebunan ini juga ada pemandian air hangat yakni Cimangu dan Walini.

Untuk menjangkau tempat wisata alam di Bandung sebaiknya Anda menyiapkan kendaraan pribadi yang cocok untuk medan pegunungan, karena jarang terdapat angkutan umum yang melintasi daerah-daerah tersebut. 5 wisata alam Bandung ini hanya sebagian kecil dari banyaknya wisata alam lain yang ada di Bandung. Jika Anda ingin mengeksplorasi semuanya, sehari rasanya tidaklah cukup.

Posted in City Tour
Indonesia Traveller Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.
Berikan Komentar

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Berbagi inspirasi bagi ribuan traveller lain.