Kenali Budaya & Wisata Nias di Pesta Ya’ahowu 2017

wisata lombat batu nias - indonesia traveller - wisata pulau nias - jakarta traveller

Nias sudah lebih dulu dikenal dengan ombaknya yang menjadi favorit surfer dunia. namun banyak yang belum tahu bahwa di pulau nias juga terdapat banyak kesenian serta budaya lokal yang begitu menarik untuk di kenal. dan pada Pesta Ya’ahowu Kepulauan Nias 2017 inilah semua Budaya dan kesenian Nias akan di tampilkan.

Kapan & dimana lokasi Pesta Ya’ahowu 2017 dilaksanakan?

Pesta Ya’ahowu akan dilaksanakan pada tanggal 23-27 November, berlokasi di Kota Gunungsitoli kepulauan nias.

Pakaian adat Nias - Wisata Nias - Indonesia Traveller Guide
Pakaian adat Nias – Wisata Nias – Indonesia Traveller Guide. Source : febrian alsah / https://flic.kr/p/a16Kpv

Di acara ini seluruh  budaya serta kesenian Suku Nias yang tersebar di Kepulauan Nias akan ditampilkan. Selama lima hari, masing-masing kabupaten dan kota di Nias akan menunjukkan ragam budaya dan seni mereka.

tidak ketinggalan berbagai macam permainan rakyat  Rago Ue, Fafusi, Fabelugama dan Fabiri. Serta yang tidak ketinggalan adalah lompat batu khas Nias, Fahombo. Semuanya akan dihadirkan.

Menurut Wakil Walikota Gunungsitoli selaku Ketua Tim Pelaksana Pesta Ya’ahowu Kepulauan Nias 2017, Sowaa Laoli mengatakan, pelaksanaan tahun ini sangat spesial karena untuk pertama kalinya Pesta Ya’ahowu dilangsungkan secara bersama-sama oleh empat pemerintah kabupaten dan satu pemerintah kota yang ada di Kepulauan Nias. Sebelumnya pesta Ya’ahowu dilaksanakan oleh masing-masing daerah.

Rangkaian acara Pesta Ya’ahowu Kepulauan Nias 2017

Pagi:
Pesta Ya’ahowu akan dibuka pada 23 November pagi dengan pembukaan berupa pameran berbagai produk unggulan, cinderamata dan ragam kuliner khas Nias. Bersamaan dengam itu juga akan dibuka Festival Seni Pahat yang diikuti setiap kabupaten dan kota di Kepulauan Nias. Tema karya seni pahat akan dikaitkan dengan sejarah dan budaya Nias.

Sore:
Pada sore hari, bertempat dari Lapangan Mwrseka menuju Taman Ya’ahowu akan digelar pawai budaya yang akan diikuti langsung kepala daerah atau wakil kepala daerah dengan menggunakan pakaian adat bernuansa Nias. Masing-masing kontingen juga akan menampilkan atraksi seni budaya saat pawai. “Selanjutnya baru pembukaan resmi dilakukan setelah pawai,” ujar Yasokhi.

 

fahombo olahraga lompat batu dari nias - Indonesia traveller - wisata nias
fahombo olahraga lompat batu dari nias – Indonesia traveller – wisata nias. Source Photo : suryadisarminson.blogspot.co.id

 

Attraksi Seni & Budaya:
Atraksi seni dan budaya masih akan berlanjut hingga keesokan harinya. Sementara lomba permainan rakyat akan digelar, pada Sabtu (23/9), di Lapangan Merdeka Gunung Sitoli. Akan ada juga Lomba Dayung Perahu Tradisional yang masing-masing perahu akan dihias motif Sobawalarasa berornamen Nias pada Ahad.

Penutup Acara:
Selanjutnya Gunungsitoli Night akan disuguhkan pada Ahad (24/9) di Taman Ya’ahowu sebagai bagian dari acara penutupan sekaligus memperingati hari jadi Pemerintah Kota Gunungsitoli ke-9. “Gunungsitoli Night merupakan pesta hiburan rakyat. Nanti akan ada salah satu artis dari Jakarta juga akan memeriahkan acara ini,” kata dia.

gimana sobat Indonesia Traveller? serukan acaranya? komen di bawah yuk, kapan kalian akan berkunjung ke Nias 😀
pada bulan yang sama ada juga festival danau toba yang menyajikan berbagai kesenian dan budaya samosir.

sumber: Republika, RRI

Posted in Budaya, EventTagged , , ,
Indonesia Traveller Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.
Berikan Komentar

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Berbagi inspirasi bagi ribuan traveller lain.