Rekomendasi Gunung di Bawah 3.000 Mdpl yang Memiliki View Keren

gunung prau, indonesia traveller guide

Tingginya gunung bukan jaminan kamu dapat view yang kece. Buat kamu yang pengen nyobain mendaki gunung berikut ini rekomendasi gunung di bawah 3.000 mdpl yang memiliki view keren seru juga buat pendaki pemula.

Aktivitas mendaki gunung akhir-akhir ini menjadi trend di kalangan anak muda. Dulu memang sudah banyak pendaki namun tidak seperti sekarang ini. Apalagi di instragram itu loh banyak banget yang nge-share foto-foto pas di puncak gunung yang kece abis. Bikin iri deh. hihi

Kamu mau nyobain naik gunung juga ? Pengen rasain gimana sih rasanya pagi-pagi ikut ngumpul nungguin moment sunrise dan hamparan lautan kabut. Pemandangan kaya gitu memang jarang banget kita temui, misal rumah kamu di kota mana ada lautan kabut yang kaya di gunung apa lagi rumah kamu di pantai udah deh jangan menghayal nemuin yang kaya gitu. haha

 

1. Gunung Prau Dieng “Negri di Atas Awan”

Gunung Prau Dieng Wonosobo. Image source

 

Tak berlebihan rasanya Gunung Prau disebut “Negri di Atas Awan”. Pendakian Gunung Prau yang memiliki ketinggian 2.565 mdpl bisa ditempuh 2-3 jam dari jalur Patak Banteng.

Dari puncak gunung kamu bisa menikmati pemandangan Gunung Sindoro, Gunung Sumbing dan Gunung Merapi dari kejauhan yang dihiasi lautan kabut. Selain itu yang terkenal dikalangan pendaki yakni moment Golden Sunrise, di Gunung Prau memang salah satu spot terbaik di Indonesia untuk melihat sunrise.

 

 

Golden sunrise di Gunung Prau. Image source

 

2. Sepenggal Kisah Indahnya Indonesia di Gunung Andong

Gunung Andong Magelang Jawa Tengah. Image source

 

 

Gunung yang sedang hits akhir-akhir ini  memiliki jalur yang terbilang pendek, untuk sampai puncak kamu hanya memerlukan waktu kurang lebih 2 jam. Walaupun gunung ini memiliki ukuran yang tidak terlalu tinggi namun track yang akan kamu lalui lumayan menantang. Kemiringan track di gunung ini juga tidak terlalu curam, nah cocok banget nih buat para pendaki pemula.

Hampir sama dengan jalur pendakian di gunung lainnya penuh dengan bebatuan dan pijakan yang licin. Nah serunya kamu bisa melihat pemandangan alam Gunung Merbabu karena letaknya yang bersebelahan persis.

 

Puncak Gunung Andong. Image source

 

3. Pesona Hutan Mati di Gunung Papandayan

Foto by Yuniar Pratiwi. Jalur pendakian di Gunung Papandayan

 

Gunung Papandayan termasuk salah satu gunung-gunung di bawah 3.000 mdpl yang ada di Indonesia, selain itu juga terkenal dengan gunung yang memiliki banyak kawah yang masih aktif ini terletak di Kota Garut lebih tepatnya di desa Sirna Jaya Kecamatan Cisurupan. Saat menyusuri jalur menuju puncak Gunung Papandayan kamu akan menemukan banyak kawah yang bisa langsung dilihat secara dekat. Oh yaa tips juga buat kamu jangan lupa membawa masker yaa.

Bau belerang yang berasal dari kawah lumayan membuat perut mual. Nah berlanjut ke atas puncak kamu akan disuguhi pemandangan hamparan tanaman bunga edelweis di Tegal Alun dan hutan mati yang mempesona.

 

Hutan mati Gunung Papandayan Garut. Image source

 

 

4. Pengalaman mendaki gunung dengan motor sampai ke puncak Gunung Telomoyo

Sudah pernah mendaki gunung dengan motor? Haha mungkin sebagian orang berfikir kalo yang namanya mendaki gunung yaa berjalan kaki sampai ke puncak. Tapi ada loh gunung yang satu ini jalur pendakiannya suda beraspal sampai ke puncak. Ya walaupun  banyak yang berlubang.

Berhati-hati saja jalanannya yang terus menanjak pastikan motormu kuat di ajak nanjak yaa kan ngga lucu kalo harus mogok dijalan.

Setelah sampai ke puncak kamu bisa menikmati pemandangan dari landasan paralayang yang sering digunakan untuk event kejuaraan paralayang. Jika sedang tidak berkabut kamu juga bisa menikmati keindahan rawa pening dari atas puncak.

 

 

Foto di landasan paralayang Gunung Telomoyo. Image source

 

 

5. Mengintip pesona Bromo dari Bukit Cinta

View Gunung Bromo dari Bukit Cinta. Image source

 

Ketinggian Gunung Bromo yang hanya 2.392 meter di atas permukaan laut cocok nih buat kamu yang ingin mencoba mendaki gunung. Nah biasanya para pengunjung menikmati keindahan kawah Gunung Bromo dan Sunrise dari view point puncak penanjakkan. Tau ngga guys selain dari view point kamu juga bisa loh melihat sisi lain Gunung Bromo salah satunya dari Bukit Cinta. Memiliki sudut-sudut keindahan yang membuat decak kagum.

Berbeda dengan view point dari sini kamu bisa melihat sunrise dan lautan pasir yang menghampar seluas 10 km menyelimuti keindahan Gunung Bromo. Lokasi Bukit Cinta dengan penanjakann I tidak terlalu jauh kurang lebih 5 km.

Setelah puas menikmati sunrise dari puncak Bukit Cinta kamu bisa melanjutkan agenda liburanmu melihat kawah Gunung Bromo. Kamu bisa menaiki mobil jeep melewati lautan  pasir sampai ke tempat parkir yang tidak jauh dari pura kemudian menaiki anak tangga untuk menuju puncak dann melihat kawah Gunung Bromo yang masih aktif.

Pilihan lainnya kamu bisa mencoba menunggangi kuda mengelilingi lautan pasir. Tidak susah mencari kuda yang bisa ditunggangi disini karena penduduk suku Tengger banyak yang menyewakan kudanya untuk para turis.

 

Naik kuda mengelilingi pasir berbisik di Bromo. Image source

6. Fenomena Blue Fire di Kawah Ijen

Menjelang sunrise di Kawah Ijen. Image source

 

Sudah pernah coba mendaki Gunung Ijen ?

Gunung Ijen merupakan salah satu gunung yang masih aktif di Pulau Jawa dengan tinggi  sekitar 2.443 mdpl ini memang sangat terkenal sekali dengan objek wisatanya yakni Kawah Ijen.

Kawah yang bersifat asam ini memiliki daya tarik tersendiri diantaranya para penambang belerang  yang silih berganti berlalu lalang memikul bongkahan belerang dibahunya dan dari puncak terlihat fenomena Blue Fire yang berada di Kawah Ijen.

Bukan dalam artian sebenarnya, fenomena ini terjadi karena adanya gas belerang yang bertemu dengan oksigen yang membuatnya nampak seperti api berwarna biru. Untuk melihatnya kamu bisa mendaki Gunung Ijen, sekitar satu hingga dua jam. Nah informasi penting nih fenomena Blue Fire ini hanya berlangsung hingga jam 5 pagi jadi jangan sampai ketinggalan yaa.

 

 

Fenomena blue fire di Kawah Ijen. Image source

 

7.  Pemandangan dari puncak tertinggi di Semarang

Gunung Ungaran, Semarang. Image source

 

Sebagai puncak tertinggi di Semarang, kini Gunung Ungaran menjadi pilihan para pendaki untuk melepas rindunya dengan alam. Pendakian yang cukup lumayan puncak gunung ini bisa ditempuh kurang lebih 3-5 jam tergantung kecepatan kaki melangkah. Buat kamu yang ingin mencoba mendaki Gunung Ungaran ini bisa melalui jalur Sidomukti, jalur Gedong Songo dan jalur Medini.

 

 

Trek bebatuan di Gunung Ungaran. Image source

 

Trek pendakian di Gunung Ungaran lumayan namun ada kalanya kamu akan menemui medan yang terjal. Harus tetap berhati-hati ketika melewati bebatuan yang curam. Selain keindahan sunrise dari  sini pula kamu bisa melihat pemandangan Kota Semarang seutuhnya.

 

8. Puncak songolikur d Gunung Muria

Gunung Muria Jepara Jawa Tengah. Image source

 

Terkenal dengan wisata religinya Kudus juga memiliki spot pendakian yang kece loh. Puncak 29 atau puncak songolikur dalam artian bahasa Jawa menjadi salah satu tujuan pendakian di Gunung Muria. Ada dua jalur pendakian untuk menuju puncaknya yakni via desa Rahwatu di Kabupaten Kudus dan desa Tempur di Kabupaten Jepara. Namun dikalangan para pendaki banyak yang memilih jalur Rahwatu.

Trek menuju puncak 29 cukup menantang, pada awal pendakian hingga pos 3 kamu akan bertemu jalur yang datar, pada jalur menuju pos 4 Sendang Buton kita akan menemui pertigaan misal belok kanan maka kamu akan menuju pos 4 Sendang Buton yang treknya lebih ringan, nah misal kamu memilih lurus maka kamu akan langsung ke pos 5 tanpa melewati pos 4 Sendang Buton.

 

 

Sunsrise dari puncak 29 Gunung Muria. Image source

 

View dari atas puncak 29 keren , pemandangan alam yang masih asri bisa jadi daftar pilihan untuk mendaki gunung selanjutnya. Jika kamu beruntung kamu juga bisa menikmati indahnya sunrise dan lautan kabut yang indah.

Gimana? jadi gunung apa saja yang sudah kalian kunjungi?. Jika kalian masih pemula pastikan membaca mempersiapkan peralatan yang pribadi yang cukup ketika mendaki  bisa dibaca disini.  

jangan lupa baca juga artikel alasan kenapa loe harus mendai gunung ( Klik disini )

Naik gunung ketinggian?? coba Camping ceria dulu aja, baca artikel nya ( Klik disini )

Posted in Adventure, HikingTagged , , ,
Indonesia Traveller Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.
Berikan Komentar

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Berbagi inspirasi bagi ribuan traveller lain.

Indonesia Traveller Guide

Dapatkan panduan terupdate liburan di indonesia, berbagai artikel menarik tentang travelling bisa menginspirasi kamu untuk merencanakan liburan di indonesia.

Feature Image
Traveller Experience

Dapatkan berbagai ide, inspirasi, dan panduan menarik untuk liburan di indonesia. kamu juga bisa share perjalanan travelling kamu dan jadi inspirasi bagi traveller lainnya.

Feature Image
Community Itenary

Berbagai itenary menarik telah kami siapkan yang berasal dari berbagai destinasi keren tentunya. community itenary juga bisa kamu jadikan ide, inspirasi untuk merencanakan liburan kamu.

Feature Image
Indonesia Traveller Apps

Indonesia Traveller Apps yang keren akan kita launching segera, berbagai fitur menarik akan membantu kamu untuk merasakan travelling experience yang berbeda, mau jadi yang pertama coba? klik disini