Menikmati Wisata Seni Jalanan Kota Bandung

Menikmati Wisata Seni Jalanan Kota Bandung

Wisata seni jalanan adalah suguhan berbeda yang bisa kamu nikmati saat mengunjungi Kota Bandung. Bagi kamu yang gemar dengan dunia seni lukis, kamu bisa melihat langsung berbagai karya seni yang sangat kreatif. Kalau tertarik membawanya pulang, kamu juga bisa membelinya dengan harga relatif terjangkau. Penasaran seperti apa keunikan seni jalanan Kota Bandung?

Wisata Seni di Jalan Dago

Kalau kamu ingin menyaksikan berbagai karya unik dan menarik, antara lain komik, ilustrasi, karikatur dan bahkan seni kertas lipat, datanglah ke kawasan Jalan Dago. Tapi kamu hanya bisa melihat pameran karya lukis tersebut di hari Minggu, saat diberlakukan car free day. Karya-karya yang dipajang merupakan hasil kreativitas para anak muda yang tergabung di Komunitas Pensil dan Kertas.

Komunitas tersebut merupakan wadah bagi yang gemar melukis dan menggambar. Para anggotanya saling berinteraksi, berkumpul, sekaligus memperkenalkan karyanya kepada masyarakat. Kalau kamu tertarik dengan karya mereka, kamu bisa membelinya tergantung kesepakatan harga dengan si penjual. Kamu juga bisa memesan lukisan sesuai keinginan. Kamu juga bisa menjadi model untuk lukisan yang dipesan.

Tidak hanya mengasah kemampuan menggambar saja, para anggota komunitas tersebut dibekali juga dengan pengetahuan seni rupa. Biasanya setiap hari Sabtu, mereka berkumpul di basecamp yang berada di Kiaracondong. Mereka bisa meningkatkan pengetahuan dan berdiskusi seputar ilmu seni rupa. Tujuan kegiatan tersebut, supaya para anggotanya mampu memahami seni dengan baik. Sehingga bisa menjadi dasar penting dalam menciptakan karya seni.

Wisata Seni di Jalan Braga

Berada di Jalan Braga, kamu bisa menjumpai beragam hal unik. Kamu bisa menikmati sajian kuliner tradisional hingga menu internasional, pusat perbelanjaan modern, kedai seni, dan pelukis pinggir jalan. Penataan kawasan jalan ini relatif sangat bagus, sehingga sangat diminati warga Bandung dan wisatawan. Bagi yang ingin berburu lukisan, kamu bisa bertemu langsung dengan pelukis jalanan.

Karya-karya lukisannya sangat bagus, tidak kalah dengan karya pelukis ternama. Sangat layak dijadikan koleksi pribadi untuk menghiasi ruangan favoritmu. Kamu tidak hanya bisa melihat deretan karya seni lukis yang sudah jadi, tapi juga bisa menyaksikan langsung proses melukisnya. Karya lukis tersebut biasanya dijajakan di emperan toko di Jalan Braga.

Suara kendaraan yang lalu lalang di kawasan jalan tersebut ternyata tidak memecahkan daya konsentrasi mereka saat melukis. Sebagian pelukis sudah menjalani aktivitas tersebut selama puluhan tahun. Peminat karya lukisannya tidak hanya dari dalam negeri saja, tetapi banyak juga pesanan yang datang dari pecinta seni lukis di luar negeri. Harga lukisan yang ditawarkan mulai dari ratusan ribu sampai belasan juta rupiah.

Grafiti di Jalan Babakan Siliwangi

Grafiti merupakan ekspresi seni dengan menggunakan dinding sebagai medianya. Berbagai gambar yang dihasilkan terlihat sangat artistik. Biasanya grafiti dikemas sebagai kritikan sosial, kebijakan pemerintah, dan sebagainya. Berbagai karya grafiti sangat memikat dan menjadi ciri khas bagi Kota Bandung. Selain itu, berhasil juga memikat lebih banyak wisatawan mengunjungi Kota Kembang ini.

Kamu bisa menyaksikan banyak karya grafiti menarik di sepanjang Jalan Babakan Siliwangi dan tiang Jembatan Pasupati. Pemilik bangunan juga merasa senang dindingnya menjadi objek grafiti. Pihak pemerintah kota Bandung juga tidak melarang aktivitas tersebut. Deretan karya grafiti yang bernilai seni tinggi ini adalah daya tarik baru bagi dunia pariwisata Bandung. Berbagai keunikannya membuat kamu sangat kagum dengan karya seni tersebut.

Nah, itulah tiga destinasi wisata seni jalanan Kota Bandung yang layak kamu kunjungi. Nikmati beragam keunikan karya seninya dan bawa pulang sebagai buah tangan orang-orang tercinta. Jangan lupa bawa kamera terbaik, untuk mengabadikan liburan kamu di Kota Bandung.

 

Tags:

No tags found.
devco Figure

devco