5 Tempat wisata menarik di Dieng & Sekitar gunung Prau

5 Tempat wisata menarik di Dieng & Sekitar gunung Prau

 

5 Tempat wisata menarik di Dieng & Sekitar gunung Prau, Buat kamu yang sedang berkunjung ke Gunung Prau Wonosobo Jawa Tengah tidak ada salahnya mampir ke wisata di sekitaran Dieng biar sekali dayung sekalian mancing loh heee. di dataran tinggi dieng Banyak sekali pilihan tempat wisata yang bisa kamu datangi dalam waktu sehari saja karena lokasi tempat wisata yang berdekatan.

buat kamu yang baru pertama kali mendaki gunung bisa baca tips ini klik disini

1. Kawah Sikidang

Kawah Sikidang, Dieng Foto dari sini

Kawah Sikidang Dieng termasuk obyek wisata yang berada diskitar Dieng yang wajib dikunjungi. Terletak di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Dieng Indonesia, sekitar 4 km dari Gunung Prau, memiliki kawah yang masih menujukkan aktivitas vulkanik  menjadi daya tarik tersendiri. Keberadaan kawah yang terletak  ditanah datar mumudahkan kamu mengakses ke kawah tersebut.

Ada beberapa pemandangan unik di Kawah Sikidang, disana kamu dapat  melihat lumpur panas meletup-letup dan gas atau asap yang berwarna putih pekat mengepul di udara dan juga ada lokasi khusus buat kamu yang ingin mencoba memasak telur langsung dikawah. Kawah Sikidang dibuka setiap hari dari jam 07.00-16.00 WIB.

 

2. Telaga Warna Dieng

Telaga Warna Dieng Wonosobo. Foto dari sini

Danau atau telaga ini tersembunyi diantara perbukitan diketinggian  lebih dari 2.000 meter di atas permukaan laut. Kenapa disebut Telaga Warna karena kandungan sulfur yang tinggi sehingga ketika terkena sinar matahari danau ini akan memantulkan warna yang beragam.

Terkadang bisa hijau, ungu, kuning atau bahkan berwarna pelangi. Telaga ini  teletak di Kecamatan Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah. Rekomendasi buat kamu yang ingin melakukan one day trip didaerah Dieng.

3. Candi Arjuna

Candi Arjuna. Foto dari sini

Candi Arjuna adalah salah satu candi yang berada di Komplek Percandian Arjuna. Terdapat 5 bangunan candi didalamnya yakni Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra.

Berada di ketinggian 2093 meter diatas permukaan laut. Pada waktu-waktu tertentu kamu dapat menyaksikan pelaksanaan ruwatan anak gimbal dan di tempat tersebut juga biasa digunakan sebagai tempat pelaksanaan Galungan.

4. Bukit Sikunir

Golden Sunrise di Bukit Sikunir. Foto dari sini

Golden Sunrise Sikunir banyak orang menyebut pemandangan terbitnya matahari di Bukit Sikunir yang mengagumkan. Untuk sampai ke Bukit Sikunir ini kamu harus menyusuri dan mendaki jalan setapak selama 1-2 jam pada waktu subuh.

Dari puncak kamu dapat melihat pemandangan yang manakjubkan, beberapa barisan gunung di pulau Jawa dapat dilihat dari sini diantaranya Gunung Sindoro, kemudian Gunung Kembang Gunung Sumbing selain itu juga dari kejauhan kamu juga bisa melihat Gunung Merbabu, Gunung Merapi dan Gunung Ungaran yang tak kalah indah.

5. Telaga cebong

Telaga Cebong Sikunir Foto dari sini

Lokasi Telaga Cebong berada yang strategis di tepi area parkir kendaraan dan jalur pendakian menuju Puncak Bukit Sikunir. Informasi tambahan kamu juga bisa mendirikan tenda disekitar Telaga Cebong untuk menunggu pagi sebelum mendaki ke Puncak Bukit Sikunir untuk melihat Golden Sunrise. Bebarapa warga menyediakan jasa sewa tenda jadi kamu tidak perlu repot membawanya dari rumah.

itulah 5 Tempat wisata menarik di Dieng & Sekitar gunung Prau yang bisa kamu kunjungi. setiap tahun di dataran tinggi dieng juga ada festival dieng sekitar buan juli & agustus.

Tags:

No tags found.
devco Figure

devco